Imbas Twitter Lakukan PHK Massal, Harga Dogecoin Anjlok 10 Persen

CALIFORNIA – Usai memimpin reli pasar kripto dengan melesat lebih dari 100 persen, kini Dogecoin yang dikenal sebagai meme bertema anjing mengalami kemerosotan harga hingga terdepresiasi lebih dari sepuluh persen.

Penurunan nilai Dogecoin ini terjadi menyusul adanya gugatan yang dilayangkan para karyawan Twitter yang terdampak PHK pada Jumat (3/11/2022) pagi tepatnya setelah para  karyawan Twitter menerima email pemecatan.

Dalam gugatan tersebut disebutkan bahwa tindakan pemangkasan karyawan yang dilakukan CEO baru Twitter yakni Elon Musk bertentangan dengan undang-undang Pemberitahuan Penyesuaian dan Pelatihan Ulang Federal (WARN) Amerika Serikat.

Munculnya tekanan tersebut yang kemudian membuat platform berlogo burung biru itu menunda rencananya untuk membangun dompet kripto.

Baik Musk maupun pihak Twitter hingga kini belum memberikan respon terkait beredarnya isu tersebut.

Namun menurut informasi yang  didapatkan Coindesk dari platformer situs publikasi online, disebutkan bahwa Platform media sosial Twitter telah menghentikan rencananya untuk membangun dompet kripto lantaran terkendala masalah biaya. 

Karena perusahaan kini tengah menghadapi kekurangan modal sehingga memicu aksi pemecatan dan kemudian berdampak pada gagalnya realisasi peluncuran layanan dompet kripto.

Beredarnya isu negatif ini lantas membuat para investor Dogecoin mulai menghentikan dukungannya pada pasar DOGE hingga membuat  harga meme satu ini anjlok lebih dari sebelas persen menjadi 0,1249 selama perdagangan Sabtu (5/11/2022).

Angka tersebut melesat jauh bila dibandingkan dengan harga Dogecoin di awal pekan lalu, dimana saat itu harga DOGE di patok dikisaran 0.1554 dolar AS per koin. 

Harga koin meme populer secara konsisten bereaksi terhadap aktivitas dan pernyataan Elon Musk. Ini karena miliarder kondang  CEO Elon Musk telah menjadi pendukung utama token tersebut.

Melalui akun Twitternya ia kerap menyerukan cuitan mengenai ketertarikannya pada aset kripto Dogecoin, hingga harga DOGE dapat melambung tinggi di pasar cryptocurrency.

Bahkan dukungan Musk terhadap Dogecoin membuat meme bergambar anjing ini sempat mencatatkan kapitalisasi pasar sebesar 8,4 miliar dolar AS per Agustus 2022

Namun sayangnya FOMO dari adopsi Dogecoin perlahan mulai menurun seiring dengan memanasnya kasus yang terjadi pada Twitter dan Elon Musk.

Meski tengah mengalami pelemahan nilai, akan tetapi berdasarkan grafik harga koin meme ini secara teknikal masih berpeluang membentuk correction wave atau tanda-tanda bullish dalam waktu dekat.

Sumber : Tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *