Pertukaran Kripto Coinbase Kembali Pangkas Karyawan, Imbas Pasar Cryptocurrency yang Terus Menurun

WASHINGTON – Pertukaran kripto Coinbase Global Inc mengumumkan akan memangkas lebih dari 60 pekerja dalam tim rekrutmen dan orientasi institusionalnya.

Keputusan tersebut datang karena pasar cryptocurrency mengalami penurunan setelah pertukaran kripto FTX dilanda keruntuhan.

Ini adalah kedua kalinya Coinbase melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) tahun ini.

PHK tersebut terjadi seminggu setelah ‘hambatan pasar kripto’ berkontribusi pada kerugian bersih Coinbase sebesar 544,6 juta dolar AS untuk tiga bulan yang berakhir pada 30 September, dibandingkan dengan laba 406,1 juta dolar AS pada tahun lalu.

“Pemutusan hubungan kerja akan membantu (Coinbase) beroperasi seefisien mungkin,” kata juru bicara pertukaran kripto itu, yang dikutip dari Reuters.

Pada Juni, Coinbase memangkas 1.100 pekerja atau 18 persen dari tenaga kerjanya, beberapa minggu setelah pertukaran kripto ini mengatakan akan memperpanjang pembekuan perekrutan karyawan dan membatalkan sejumlah penawaran yang diterima.

Pasar cryptocurrency merana tahun ini karena suku bunga yang lebih tinggi dan kekhawatiran akan penurunan ekonomi global yang meningkat, membuat harga aset kripto turun sehingga beberapa perusahaan kripto seperti Voyager Digital, Three Arrows Capital dan Celsius Network mengalami kebangrutan.

Namun pukulan yang lebih besar datang sejak FTX menunjukkan keruntuhan awal. Pertukaran kripto besar ini, yang sering menjadi penyelamat perusahaan kripto yang bermasalah, sedang menjajaki opsi sejak krisis likuiditas terungkap dan sekarang menghadapi pengawasan dari regulator Amerika Serikat (AS) atas penanganan dana pelanggan, serta aktivitas pinjaman kripto.

Keruntuhan pasar kripto telah memaksa perusahaan seperti BlockFi dan Crypto.com memangkas ratusan pekerja, sementara perusahaan besar termasuk Meta Platforms dan Intel Corp juga telah menghentikan proses perekrutan karyawan baru.

Coinbase meningkatkan perekrutan pegawai baru saat pasar kripto mencapai rekor tertinggi selama pandemi Covid-19, dengan meningkatkan jumlah karyawan hampir empat kali lipat hanya dalam lima kuartal.

“Tingkat pertumbuhan karyawan selama lima kuartal ini terlalu ambisius, terutama mengingat bahwa perusahaan telah melewati Crypto Winter dan tahu seberapa sering volatilitas pasar ini,” kata analis di KBW, Kyle Voigt.

Sumber : Tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *